Pembahasan Soal Kelas X Sosiologi - Kajian Mengenai Masyarakat Soal


Berikut adalah pembahasan soal Sosiologi tentang Kajian Mengenai Masyarakat

1. Apakah yang dimaksud dengan sosiologi?
Sosiologi berarti pengetahuan tentang perkawanan atau pertemanan. Pengertian pertemanan ini kemudian diperluas cakupannya menjadi sekelompok manusia yang hidup bersama dalam suatu tempat, atau bisa disebut dengan masyarakat. Dengan demikian, sosiologi diartikan sebagai pengetahuan tentang hidup bermasyarakat



2. Uraikan tujuan mempelajari sosiologi!
Tujuan sosiologi adalah untuk meningkatkan kemampuan manusia dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan hidupnya. Jadi, objek formalnya tersebut berfungsi sebagai penuntun adaptasi di masyarakat.

3. Deskripsikan latar belakang lahirnya sosiologi di Eropa secara singkat!
Pada abad ke-19, seorang filsuf Prancis bernama Auguste Comte (1798–1857) mengemukakan kekhawatirannya atas keadaan masyarakat Prancis setelah pecahnya Revolusi Prancis. Dampak revolusi tersebut, selain menimbulkan perubahan positif dengan munculnya iklim demokrasi, revolusi juga telah mendatangkan perubahan negatif berupa konflik antarkelas yang mengarah pada anarkisme di dalam masyarakat Prancis. Konflik ini dilatar belakangi oleh ketidaktahuan masyarakatnya dalam mengatasi perubahan atau hukum-hukum seperti yang dapat digunakan untuk mengatur stabilitas masyarakat.

4. Sebutkan maksud sosiologi sebagai ilmu dan sosiologi sebagai metode!
Sebagai ilmu, sosiologi memiliki teori-teori yang telah dibangun dari konsep-konsep dasar dan metode ilmiah tentang manusia dalam kehidupan masyarakat.
Sosiologi sebagai metode, untuk mempelajari objek yang menjadi kajiannya sosiologi.

5. Sebutkan ruang lingkup sosiologi!
Ruang lingkup utama sosiologi dari objek masyarakat tersebut adalah gejala, proses pembentukan, serta mempertahankan kehidupan masyarakat, juga proses runtuhnya
sistem hubungan antarmanusia.

6. Sebutkan metode-metode yang digunakan dalam mempelajari sosiologi!
Metode-metode yang digunakan dalam mempelajari sosiologi ada dua yaitu metode kualitatif dan metode dan kuantitaf

7. Uraikan konsep-konsep dasar sosiologi
konsep dasar yang sering digunakan dalam sosiologi, yaitu sebagai
berikut.
a.   Struktur sosial adalah keseluruhan jalinan antara unsur-unsur sosial yang pokok, yaitu kaidah-kaidah sosial (norma sosial), lembaga-lembaga sosial, kelompok serta lapisan sosial.
b.  Proses sosial adalah pengaruh timbal balik antara berbagai segi kehidupan bersama, misalnya pengaruh timbal balik antara segi kehidupan ekonomi dan segi kehidupan politik, antara segi kehidupan hukum dan segi kehidupan agama, antara segi kehidupan agama dan segi kehidupan ekonomi, serta yang lainnya. Salah satu proses sosial yang bersifat tersendiri ialah dalam hal terjadinya perubahan-perubahan dalam struktursosial.
c.    Perubahan sosial adalah perubahan yang mencakup seluruh lapisan dalam struktur sosial dan jalinan hubungan dalam masyarakat.
d.     Organisasi sosial adalah aspek kerja sama yang mendasar, yang menggerakkan tingkah laku para individu pada tujuan sosial dan ekonomi tertentu.
e.     Institusi sosial adalah suatu sistem yang menunjukkan bahwa peranan sosial dan norma-norma saling berkaitan dan telah disusun guna memuaskan suatu kehendak atau fungsi sosial.

8. Deskripsikan mengenai unsur-unsur yang terdapat dalam sistem sosial.
Menurut Alvin L. Bertrand, unsur-unsur pokok "sistem sosial" adalah sebagai berikut:
a.       Kepercayaan dan Pengetahuan
b.      Perasaan
c.       Tujuan
d.      Kedudukan (status) dan Peran (role)
e.       Kaidah atau Norma
f.       Kekuasaan
g.       Sanksi
h.      Fasilitas

9. Uraikan sosiologi sebagai ilmu yang mengkaji masyarakat dan lingkungan!
Sosiologi mempelajari pola-pola hubungan dalam masyarakat dan lingkungannya serta mencari pengertian-pengertian umum secara rasional dan empiris. Oleh karena itu, sosiologi umumnya mempelajari gejala-gejala (fenomena) masyarakat yang normal atau teratur dalam lingkungannya. Akan tetapi, tidak selamanya keadaan gejala-gejala menjadi normal seperti yang dikehendaki masyarakat yang bersangkutan.

10. Akhir-akhir ini masalah-masalah sosial sering terjadi. Deskripsikan menurut pendapat Anda mengapa hal tersebut terjadi?
a.      Masalah sosial karena faktor ekonomis, misalnya kemiskinan, dan pengangguran.
b.      Masalah sosial karena faktor biologis, misalnya penyakit menular.
c.      Masalah sosial karena faktor psikologis, misalnya goncangan jiwa (gila).
d.    Masalah sosial karena faktor kebudayaan, misalnya kenakalan remaja, atau konflik ras

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »