Artikel Daun Pisang, Alat Pembungkus Makanan Yang Banyak Manfaatnya

Pisang merupakan tumbuhan yang mudah ditemukan di lingkungan sekitar tempat kita tinggal. Belum banyak orang yang mengetahui bahwa tumbuhan pisang dapat dimanfaatkan semua komponennya untuk kebutuhan sehari-hari. Seperti pohon pisang yang dapat digunakan kulitnya sebagai tali untuk mengikat benih padi. Buah dan jantung pisang juga dapat dimanfaatkan untuk dikonsumsi dan tunasnya dapat digunakan sebagai bibit baru pisang.

Daun Pisang juga dapat digunakan sebagai pengganti piring dan kotak makanan. Ternyata menggunakan daun pisang sebagai wadah dan pembungkus makanan memiliki banyak kelebihan diantaranya adalah :
Daun Pisang
Daun Pisang sumber foto arbamedia


1. Hemat
Menggunakan daun pisang sebagai pembungkus nasi atau makanan lain dapat menghemat biaya untuk membeli piring atau kotak makanan.

2. Wangi
Menggunakan daun pisang sebagai tempat makanan atau pembungkus makanan membuat makanan menjadi wangi dan baunya enak. Tidak jarang rumah makan khas tradisional menjadikan daun pisang sebagai alas tempat makanan.

3. Bahan Organik
Daun pisang termasuk bahan organik karena berasal dari pohon pisang, dan bila nantinya di buang daun pisang dapat mudah diurai oleh organisme yang ada dalam tanah. Dibandingkan dengan plastik yang susah terurai bahkan dapat awet sampai berpuluh-puluh tahun.

4. Mudah di dapatkan
Daun pisang mudah ditemukan di lingkungan sekitar karena pohon pisang mudah ditanam dan juga tidak perlu perawatan yang ekstra. cukup diberi pupuk seperlunya, pohon pisang dapat tumbuh dengan subur.

5. Multi fungsi
Daun pisang selain sebagai alas makanan atau pembungkus nasi ternyata memiliki kegunaan lain, seperti daun pisang dapat digunakan untuk pembungkus makanan onde-onde, lepat pisang atau sagu, pembungkus lemang,dan lain sebagainya.

6. Lebih Digemari
Tidak jarang tempat makanan yang menggunakan daun pisang sebagai alas makanan dan pembungkus makanan seperti sate, gado-gado, pecel dan makanan lainnya lebih digemari karena memiliki daya tarik karena memiliki aroma yang khas.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »